AMPUH! 5 Tips Pemasaran Budidaya Ikan Gurame!

AMPUH! 5 Tips Pemasaran Budidaya Ikan Gurame!

Manfaat Budidaya Ikan Gurame dari Segi Ekonomi

Salah satu yang menjadi masalah dalam budidaya ikan gurame di kolam terpal adalah dalam hal pemasaran.

Betul?

Banyak petani ikan gurame yang memang sudah ahli dalam budidayanya. Lalu bagaimana dalam segi pemasaran?

Kebanyakan dari petani belum ahli dalam pemasaran. Padahal sebenarnya hal ini menjadi kunci keuntungan Anda. Lalu bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai akhir.

Budidaya ikan gurame kian diminati oleh banyak orang, tidak hanya pebisnis yang telah sukses di dunia budidaya ikan saja, melainkan juga oleh para pemula. Usaha ini memang sangat menjanjikan.

Bahkan seorang petani ikan gurame bisa mengantongi uang hingga puluhan juta rupiah dalam sekali panen. Tentunya, dibutuhkan kesabaran dan harus tahu juga cara budidaya ikan gurame agar cepat besar sebelum mereguk manisnya budidaya ikan gurame.

Wih! Fakta Menggiurkan Budidaya ikan Nila!

Budidaya ikan gurame yang kian berkembang pesat secara tidak langsung berdampak pada ekonomi. Dengan maraknya budi daya ikan gurame, semakin banyak tenaga kerja yang diserap. Ekonomi lingkungan sekitar pun meningkat.

Bagi Anda pribadi, budidaya ikan gurame memberikan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Bahkan, Anda bisa merambah ke bidang usaha lain hanya dengan berbekal ternak ikan gurame.

Singkatnya, budi daya ikan gurame berdampak baik bagi pada perekonomian Anda dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Tips Pemasaran Ikan Gurame

Bisnis bukan soal modal saja, melainkan juga keuletan, kedisiplinan, dan kesabaran dalam menjalankan usaha yang Anda pilih.Meski budidaya ikan gurame sangat menggiurkan, bukan berarti usaha ini tidak pernah mengalami pasang surut.

Pada kenyataannya, tidak semua pengusaha di bidang ini sukses. Namun, tak sedikit yang berhasil dan keluar sebagai jutawan.

Apa rahasianya?

Jawabannya adalah strategi pemasaran.

Marketing memiliki peranan penting dalam kelangsungan suatu bisnis, termasuk budidaya ikan gurame. Sukses tidaknya suatu bisnis tergantung bagaimana Anda mengatasi masalah di lapangan, menjaga kualitas produk, dan pemasaran.

Budidaya-ikan-gurame-1

Banyak orang gagal mengembangkan usaha yang dimilikinya karena kurangnya pemasaran. Nah, agar Anda tidak mengalami hal serupa, pastikan untuk menggunakan berbagai strategi marketing yang tepat.

Adapun sejumlah tips pemasaran yang bisa Anda coba untuk meningkatkan omzet budidaya ikan gurame, di antaranya sebagai berikut.

1. Mengadakan Kontrak dengan Rumah Makan

Ikan gurame merupakan salah satu jenis ikan yang dapat diterima oleh pasar dengan baik. Rasanya yang enak dan mudah untuk diolah menjadikan ikan gurame favorit banyak pemilik usaha rumah makan, baik kafe maupun restoran.

Peluang yang besar ini dapat Anda manfaatkan dengan baik. Caranya, jalin kerja sama dengan rumah makan. Berikan mereka sesuatu yang tidak diberikan pesaing Anda. Misalnya, si A menawarkan harga lebih tinggi maka Anda bisa menurunkan harga jual.

Dengan kualitas yang sama dan selisih harga seribu saja, bisa membuat pemilik restoran cenderung memilih Anda. Yang paling penting, selalu berikan kualitas terbaik dan tepat waktu. Dijamin kerja sama Anda dengan pemilik restoran akan langgeng.

2. Diolah Menjadi Makanan Siap Saji

Budidaya ikan gurame memang sangat menguntungkan. Anda tidak hanya bisa menjual ikan gurame secara langsung, melainkan juga mengolahnya menjadi makanan siap saji.

Di rumah Anda bisa membuka warung makan yang menawarkan menu ikan gurame. Mulai dari ikan gurame goreng, ikan gurame bakar, hingga menu andalan yang menjadi favorit orang Indonesia, ikan gurame asam manis.

Selain menjual dalam bentuk siap saji, Anda pun bisa menjual dalam bentuk mentah sekaligus. Dengan begitu, keuntungan yang akan Anda dapatkan semakin berlipat.Usaha budidaya ikan gurame yang Anda jalankan pun kian dikenal luas.

3. Dijual Ecer di Pasaran

Untuk meningkatkan angka penjualan ikan gurame, Anda bisa melakukan penjualan langsung di pasar tradisional. Tidak semua orang sanggup membeli ikan gurame dengan sistem borongan. Maklum saja, harga jual ikan gurame termasuk tinggi.

Dengan menjual ikan gurame hasil panen, Anda menciptakan peluang baru. Ibu-ibu rumah tangga atau anak kos yang ingin mencicipi kenikmatan daging ikan gurame akan datang ke tempat Anda.

Meski Anda menjual secara eceran, Anda tidak akan merugi. Justru menjual ikan gurame secara eceran jauh lebih untung ketimbang menjualnya sekaligus dalam partai besar.

Budidaya ikan gurame ini sangat menjanjikan. Jika Anda belum pernah budidaya ikan ini, Anda wajib mencobanya. Baca artikel ini :

> Cara Budidaya Ikan Gurame dengan Kolam Terpal

> Cara Budidaya Gurame Organik di Kolam Terpal

4. Kerja Sama dengan Supermarket

Cara lain yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bekerja sama dengan supermarket. Trik ini bisa Anda coba dengan catatan hasil budidaya ikan gurame berkualitas tinggi. Perlu diingat, biasanya, supermarket memiliki cukup banyak aturan sebelum meloloskan kerja sama. Salah satunya adalah kualitas ikan gurame.

Kendati demikian, harga yang ditawarkan pihak supermarket tergolong tinggi. Mengingat kualitas ikan gurame yang tinggi. Jika Anda berhasil melakukan kerja sama dengan satu saja supermarket, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menggandeng supermarket lain.

Dengan begitu, usaha budidaya ikan gurame Anda semakin berjalan lancar. Anda pun tidak perlu susah payah menjual ikan gurame seorang diri karena setiap kali panen, hasilnya akan Anda antar langsung ke supermarket.

Baca juga:

5. Kerja Sama dengan Pengepul

Bisa dibilang cara termudah untuk melebarkan sayap bisnis Anda adalah dengan menjalin kerja sama dengan pengepul. Namun, Anda perlu melakukan seleksi mengenai harga yang ditawarkan.

Maklum saja, tidak semua pengepul mau memberikan harga yang baik. Kebanyakan mereka menawarkan harga di bawah pasaran.

Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan pengepul yang memberikan harga terbaik untuk hasil budi daya ikan gurameAnda. Sekali Anda menemukan pengepul yang tepat, nama Anda akan mulai dikenal di kalangan pengepul ikan lainnya.

Jangan terkejut jika semakin banyak pengepul yang menawarkan kerja sama pada Anda nantinya.

Itulah sejumlah tips yang dapat Anda aplikasikan agar budidaya ikan gurame semakin berkembang pesat. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan banyak keuntungan sekaligus memperluas cakupan bisnis.

Budidaya Ikan Gurame 3

Semakin banyak tenaga kerja yang terserap, perekonomian lingkungan sekitar Anda kian bagus. Hal ini turut menciptakan iklim produktivitas dan persaingan yang sehat. Yuk, budidaya ikan gurame!

Apabila Anda ingin memulai usaha budidaya ikan gurame dengan kolam terpal bulat agar hasil dikarenakan banyaknya kelebihan kolam terpal bulat dibandingkan kolam biasa, kami men jual kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com