produsen-kolam-terpal

Produsen Terpal; Kolam Terpal Efektif Menekan Angka Kematian

Kolam Terpal – Budidaya ikan air tawar adalah ide usaha menarik yang patut dicoba oleh wirausaha mandiri yang gemar akan tantangan. Usaha budidaya ikan air tawar memiliki prospek yang baik karena resiko tergolong kecil dan ada banyak bantuan dari produsen-produsen perlengkapan budidaya ikan air tawar; termasuk dengan produk terpal berkualitas dari produsen kolam terpal.

kolam terpal 10
Foto : pertanian99.com

Selain itu, telah ada banyak artikel, jurnal, dan bahkan buku tentang budidaya ikan air tawar yang dapat memberikan banyak masukan untuk persiapan. Memulai usaha budidaya ikan air tawar juga tidak sulit, asalkan pengusaha memiliki jiwa wirausaha yang baik.

Selain itu, pembudidaya juga harus melakukan banyak riset dan belajar dari kesalahan pembudidaya ikan yang telah membagi ilmunya di internet. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari kerugian.

Beberapa pengusaha budidaya ikan air tawar kurang paham mengenai kolam yang sehat untuk memelihara ikan. Hal ini kini dapat diupayakan dengan membaca banyak sumber mengenai pembuatan kolam ikan. Setidaknya, ada tiga jenis kolam ikan air tawar yang dapat digunakan.

Kolam tanah

Kolam tradisional seperti empang adalah salah satu yang pernah populer. Kolam jenis ini tergolong tidak efisien karena umumnya ukurannya luas dan airnya bergantung pada air sungai atau air hujan. Oleh karena itu, keadaan kolam kurang sehat dan sulit untuk menjadikan ikan air tawar sehat dan berkembang baik.

Selain itu, kolam besar baik untuk ikan dengan jumlah besar sehingga modal harus tinggi. Kolam jenis ini juga tidak efektif ketika masa panen tiba. Jika terjadi serangan penyakit, akan sulit pula untuk mengatasinya.

Kolam dengan terpal produksi produsen kolam terpal

kolambulat

Kolam ikan air tawar dengan menggunakan terpal bukanlah hal baru di dunia budidaya ikan air tawar. Akan tetapi, dahulu pembuatan kolam terpal dilakukan manual dengan bahan bambu dan kayu.

Selain itu, terpal yang digunakan adalah terpal biasa dengan cara melakukan modifikasi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini pembudidaya dapat menggunakan kolam terpal siap pakai yang dilengkap dengan berbagai perlengkapan.

Ada pula produsen kolam terpal yang hanya membuat terpalnya saja tanpa memberikan perlengkapan untuk rangka karena berbagai alasan. Salah satunya adalah untuk menghemat biaya kirim. Kolam terpal adalah solusi yang menarik karena dengan menggunakan kolam terpal, ikan dapat tumbuh dengan maksimal.

Ada beberapa alasan mengapa kolam terpal, khususnya yang berbentuk bulat sangat diminati pembudidaya ikan air tawar:

Kolam terpal dengan bentuk bulat sangat efisien untuk meningkatkan jumlah produksi dan menumbuhkan ikan dengan lebih baik.Hal ini dikarenakan bentuk bulat tidak memiliki sudut sehingga ikan dapat bergerak dengan lebih baik.

Selain itu, ikan air tawar seperti ikan lele dan ikan nila sangat menyukai kepadatan yang tinggi dan dengan bentuk yang bulat, kepadatan ikan akan dapat lebih dimaksimalkan.

pelatihan-budidaya-ikan-lele

Dengan terpal bulat yang dihasilkan oleh produsen kolam terpal terpercaya, ikan lele dapat pula tumbuh dengan lebih baik karena kolam ikan lebih sehat. Kolam terpal harus terlebih dahulu dicuci untuk menghilangkan bau plastiknya.

Selain itu, bagian dasar kolam terpal dialasi dengan sekam untuk menjaga keamanan dan kesehatan ikan. Terpal plastik bentuk bundar juga efektif untuk mengurangi kematian ikan karena lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

Untuk meningkatkan hasil budidaya ikan kolam terpal, ada baiknya pengusaha juga mendaftar menjadi distributor terpal untuk kolam. Salah satu website yang terpercaya adalah juraganterpal.com.

BACA JUGA | Panduan Lengkap Budidaya Lele

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com

Jangan Lupa di Share ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.