cara-mudah-membuat-kolam-terpal

Cara Mudah Membuat Kolam Terpal Ikan Lele

Kolam terpal – Kolam terpal akan menjadi solusi untuk usaha budidaya ikan lele dan ikan air tawar lainnya. Dewasa ini, industri tidak memberikan banyak kesempatan untuk pekerja. Selain itu, masa ekonomi yang berat belum juga usai. Kondisi keuangan sulit sedangkan kebutuhan hidup kian mahal.

kolam terpal 5
Kolam Terpal Diameter 6

Akan tetapi, akan ada jalan selama kita mau berusaha dan menjadi pengusaha mandiri adalah salah satu jalan keluar. Terus bergantung pada peluang kerja hanya akan membebani mental dan tidak menghasilkan.

Oleh karena itu, memulai sesuatu yang segar dan menguntungkan seperti budidaya lele kolam terpal adalah pilihan yang tepat.

BACA JUGA | Kolam Terpal Dapat Memperkecil Angka Kematian Ikan

Namun demikian, anda bisa membuat kolam terpal sendiri. sebagai pemula anda harus mengetahui cara membuat kolam yang paling sederhana untuk menghemat biaya awal. Berikut adalah beberapa informasi dasar mengenai budidaya ikan dengan kolam terpal:

1. Cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal:

 

Pemula sering menganggap bahwa saluran pembuangan bukanlah hal yang vital dalam budidaya ikan dengan kolam terpal. Umumnya, para pemula berpikir bahwa hanya bibit unggul dan pakan ikanlah yang akan menentukan hasil akhir.

Tetap hal tersebut merupakan kesalahan karena sistim pembuangan kolam yang buruk akan membuat hasil menjadi tidak maksimal.

cara-membuat-saluran-pembuangan-kolamterpal

Pertama, kita harus menyiapkan beberapa bahan termasuk pipa paralon dan amplas. Adapun pipa paralon yang dibutuhkan adalah pipa dengan diameter 1.5 inch.

Panjang pipa yang dibutuhkan adalah 1 meter. Selain itu, sok penyambung dan sok penutup yang tepat juga harus disiapkan.

Ukuran tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan jika dirasa perlu. Kertas gosok atau amplas degan tekstur kasar harus pula disiapkan.

Kertas dengan no. 1 atau 1.5 dapat dipilih untuk persiapan pembuatan saluran pembuangan kolam terpal. Untuk mempermudah pembuatan, alat seperti gergaji besi dan pisau cutter juga harus disediakan.

Berikut adalah cara membuat saluran pembuangan pada kolam terpal:

1. Bagi pipa paralon menjadi dua bagian dengan gergaji besi. Panjang pipa adalah 8 sampai 10 cm.

2. Di bagian yang telah di belah, sisipkan kertas amplas sehingga membuat bagian tersebut terbalut dengan baik.

3. Masukkan pipa yang telah terbalut ke sok penyambung dengan hati-hati agar tidak sobek.

4. Pipa dengan balutan amplas diputar searah dengan arah pembalutan amplas. Hal ini dilakukan untuk membuat pipa bagian dalam menjadi kasar.

4. Lepaskan amplas dari pipa, kemudian kolam terpal dipasang tegak lurus pada ujung pipa. Pipa dipasang pada ujung lubang pembilas yang posisinya berlawanan dengan sok penyambung. Tekan sok perlahan hingga pipa dan terpal masuk ke lubang sok.

2. Teknik Pembuatan Kolam Terpal Ukuran Kecil

 

Setelah mengetahui cara membuat saluran pembuangan kolam terpal, pemula harus tau cara untuk membuat kolam terpal dengan ukuran kecil. Kolam Terpal kecil dengan bibit ikan yang tidak terlalu banyak akan menjadi awalan yang baik untuk modal yang juga tidak terlalu besar.

Untuk membuatnya, pemula harus menentukan lokasi yang baik dan bahan terpal yang baik. Agar proses lebih efisien, akan lebih baik untuk menggunakan kolam terpal instant yang ada di pasaran. Kolam instant sudah dilengkapi dengan pipa dan peralatan lain yang diperlukan.

Selain itu, kolam terpal instant dapat memberikan efisiensi waktu bagi para pemula yang tidak ingin melakukan kesalahan dalam pembuatan kolam dengan bahan terpal.

3. Cara Membuat Kolam Terpal Sederhana di Atas Tanah dengan Bambu

 

Pembuatan kolam terpal sederhana dengan bambu adalah cara efisien yang dapat digunakan oleh pembudidaya ikan lele yang tidak memiliki lahan. Selain biayanya murah, teknik ini baik karena tanah tidak akan beralih fungsi.

Sangat diharapkan bagi para pemula untuk mengtahui terlebih dahulu tentang ilmu budidaya ikan di kolam terpal.

kolam terpal 4
Pemasangan Kolam Terpal dengan Bambu

Langkah penggalian tanah tidak diperlukan karena kolam terpal dengan bambu hanya memerlukan pembuatan volume kolam dengan tiang-tiang bambu saja. Kolam dengan menggunakan bahan terpal juga murah karena terpal tidak perlu diganti setiap habis panen.

Namun demikian, pembudidaya ikan lele harus memastikan bahwa terpal yang digunakan adalah terpal dengan kualitas baik yang memang diperuntukkan untuk membuat kolam terpal.

Untuk mendapatkan terpal dengan kualitas unggul, petani perlu untuk mengunjungi website distributor terpal terpercaya seperti juraganterpal.com yang memastikan bahwa terpal yang digunakan memiliki kualitas yang baik adalah persiapan awal yang paling penting dalam budidaya ikan lele di kolam terpal yang banyak di pilih karena budidaya ikan di kolam terpal sangat mempunyai banyak kelebihan.

Berikut adalah rincian teknik pembuatan kolam terpal dengan bahan bambu:

1. Siapkan bambu dengan ukuran 5 m sebanyak 12 buah, ukuran 3 m sebanyak 12 buah.

2. Siapkan patok bambu yang kuat sebanyak 12 buah. Patok dapat juga dibuat dari bahan kayu. Namun demikian, penting untuk memilih bahan kayu yang tahan dalam segala cuaca karena nantinya kolam akan terekspos pada cuaca hujan dan panas.

3. Sekam padi 

4. Tali dari kawat kuat sebanyak satu gulung

5. Adapun alat-alat yang dibutuhkan antara lain: gergaji, palu, golok, dan linggis.

6. Pembuatan pagar dapat dilakukan dengan menganyam bambu. Bahan pagar harus di haluskan dan kemudian disusun dengan ketinggian 5 cm. Pagar ini dimaksudkan untuk membuat standard ukuran ketinggian air. Untuk itu, hendaknya pagar dibuat dengan ketinggian sekitar 50 cm.

7. Terpal yang digunakan adalah berukuran 4 x 6 m. Ukuran tersebut sangat untuk ukuran kolam kecil. Penting untuk mencuci terpal terlebih dahulu untuk menghilangkan bau serta sisa bahan plastik dan kimia yang tertinggal pada terpal.

Bahan kimia dapat berbahaya bagi kesehatan ikan lele. Untuk memilih terpal yang baik dan sehat untuk ternak ikan, petani ikan dapat mengunjungi distributor terpal kolam terpercaya online.

8. Untuk memberikan perawatan yang baik, air kolam harus dikurangi setiap tiga hari sekali. Dengan demikian, kotoran akan terbuang dan penyakit ikan lele dapat dikurangi.

Air yang telah dikurangi kemudian harus dikembalikan ke volume semula dengan menambah beberapa ember air.

kolam terpal 6
Pemberian Sekam Kolam Terpal

Kolam terpal juga harus dilapisi dengan sekam padi. Sekam padi sangat efisien untuk mencegah kebocoran akibat bocornya terpal.

Ketika panen, petani dapat dengan mudah terjun ke dalam kolam tanpa takut menggesek terpal yang dapat menyebabkan kebocoran. Tekanan air dan kotoran serta kerikil juga tidak akan merobek terpal yang telah dialasi dengan sekam padi.

Kolam terpal dengan bambu adalah langkah paling sederhana untuk persiapan budidaya ikan. Akan tetapi langkah ini kurang efisien apabila ketersediaan bambu terbatas. Selain itu, cara membuat kolam ikan terpal dari bambu membutuhkan akurasi ukuran yang baik.

Untuk itu, budidaya ikan kolam terpal akan menghasilkan hasil yang maksimal jika menggunakan terpal instant. Kolam terpal instant dapat dipesan online melalui website terpercaya seperti juraganterpal.com. 

BACA JUGA | Panduan Lengkap Budidaya lele

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.