kolam terpal bundar

Keuntungan Berlipat dari Bisnis Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kolam Terpal

Analisa Usaha Ternak Lele Dengan Sistem Bioflok

Kolam terpal – Saat ini budidaya ikan lele tidak hanya dilakukan di kolam buatan atau pun kolam alami. Banyak yang telah beralih dengan menggunakan kolam terpal dengan sistem bioflok.

Sejak diperkenalkan kolam jenis ini mendapat apresiasi yang cukup baik dikalangan masyarakat.

kolam terpal bioflok
kolam terpal bulat (Dok : KKP)

Selain sebagai solusi bagi yang mempunyai lahan terbatas, budidaya ikan lele bioflok ini juga mampu meningkatkan hasil panen sampai lima kali lipat. Tidak  hanya itu, kelebihan lain dari sistem ini adalah hemat air, tenaga, waktu, pakan dan juga menghasilkan ikan lele yang lebih gemuk dan berlimpah.

Secara analisa usaha budidaya ikan lele dengan menggunakan kolam terpal ini sangat menguntungkan. Berikut ini adalah analisa usaha budidaya ikan lele dengan sistem bioflok:

1. Kolam Terpal Bulat dan Jenisnya

kolam terpal bioflok (2)

Umumnya kolam terpal bioflok untuk budidaya ikan lele yang digunakan adalah berbentuk bulat.

Kolam terpal bulat ini pun banyak jenisnya. Harganya pun bervariasi tergantung diameter kolam terpal tersebut. Anda bisa lihat harga kolam terpal disini : Spesifikasi dan Harga Kolam Terpal Bulat Siap Pakai

2. Biaya Produksi/Operasional

modal awal ternak lele kolam terpal
Foto : bisnis.liputan6.com

Untuk memulai usaha budidaya ikan lele alangkah baiknya jika melihat peluang yang ada disekitar karena jika dilakukan dengan serius maka budidaya ini akan menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Untuk biaya produksi yang perlu disiapkan untuk budidaya ikan lele adalah:

Kolam Terpal bioflokRp 2.000.000
Pembuatan bioflok estimasiRp 200.000
Benih estimasiRp 2.000.000
Pakan untuk 10.000 ekor Rp 9.500 x 800 kgRp 7.600.000
Obat dan probiotikRp 300.000
TOTAL BIAYA PRODUKSIRp12.100.000

3. Estimasi Harga Jual Dan Keuntungan

keuntungan ternak lele kolam terpal
Foto : bisnis.liputan6.com

Dengan bibit yang ditebar sebanyak 10.000 tidak semua akan dipanen. Katakanlah ada sekitar 15% yang mati atau tidak layak jual maka dari sekian banyak benih hanya akan terjual sekitar 8.500. Jika 1 kg terdiri dari 6 lele, maka perhitungannya 8.500: 6 = 1.416 sekitar 1,4 ton.

Maka perhitungan labanya :

Panen 1,4 tonharga jual Rp 18.000/kgRp 25.200.000
TOTAL KEUNTUNGANRp 25.200.000 – Rp 12.300.000Rp 12.900.000

Jadi keuntungan yang didapat dari satu kolam dengan bibit 10.000 adalah sekitar 12 juta. Cukup menguntungkan bukan.

Lalu bagaimana sih cara budidaya lele yang efektif dan efisien???

Langkah Efisien Memulai Budidaya Ikan Lele

Meningkatnya permintaan pasar akan ikan lele membuat banyak orang berbondong-bondong untuk memulai budidaya ikan lele. Budidaya ikan lele yang mudah dan menghasilkan keuntungan yang berlipat makin menarik minat untuk memulai budidaya ikan tawar ini.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha budidaya ikan lele ini. hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Media Tepat

Jika dahulu banyak yang mengeluh budidaya ikan lele sulit karena keterbatasan lahan maka sekarang telah hadir solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Banyak yang telah beralih menggunakan kolam terpal jenis bioflok untuk yang tidak punya lahan luas. Banyak keuntungan yang didapat jika menggunakan kolam terpal bioflok ini.

2. Bibit Berkualitas

Selain media yang sesuai pemilihan bibit berkualitas juga perlu diperhatikan. Dengan adanya bibit yang berkualitas maka akan didapatkan ikan lele yang berkualitas juga.

BACA JUGA | Cara Praktis Budidaya Ikan Lele agar Cepat Panen

Banyak keuntungan yang diperoleh dari budidaya lele di kolam terpal. Dengan teknologi bioflok dapat menekan biaya biaya yang dikeluarkan seperti pada media kolam tembok. Bagi Anda yang masih pemula, budidaya di kolam terpal merupakan solusi yang terbaik. Karena mudah sekali diterapkan dengan persentase keberhasilan yang tinggi. Tentunya Anda juga harus tahu teknik dasar budidaya nya ya.

Salam sukses para pembudidaya. Jika Anda butuh kolam terpal yang berkualitas, silahkan hubungi kami disini 0812-5931-1689 (WA/call).