Budidaya Ikan Kolam Terpal

Pakan Alternative Untuk Peternak Lele yang Menggunakan Kolam Terpal

Maraknya Budidaya Ikan Tawar Di Indonesia

Kolam Terpal – Secara garis besar, Indonesia adalah negara perairan. Letaknya yang berada diantara samudra besar membuat hasil perairan Indonesia sangat melimpah terutama ikan laut. Hasil ikan laut tersebut dapat dinikmati setiap hari.

budidaya ikan tawar indonesia
Foto : flinders.edu.au

Selain hasil perairan berupa ikan laut, Indonesia juga dikenal sebagai penghasil ikan tawar yang berlimpah. Banyaknya perairan tawar yang mempunyai beragam jenis ikan tawar yang dihasilkan. Merujuk pada data yang telah dirilis oleh KKP dalam website resminya yang mengatakan bahwa pertumbuhan rata-rata konsumsi ikan di Indonesia adalah  5,04 persen per tahun. Hal itu menunjukkan bahwa potensi usaha dalam bidang ikan tawar menggunakan kolam terpal juga  sangat besar.

Untuk memenuhi tingkat konsumsi ikan tawar yang mulai tinggi disamping ikan laut membuat para pencari ikan tawar tidak hanya mengandalkan pencarian di sungai atau rawa yang merupakan habitat ikan tawar.

Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah budidaya ikan tawar berbagai macam jenis ikan agar didapatkan hasil yang lebih banyak. Jenis ikan tawar yang dibudidayakan antara lain ikan lele,ikan mas ,ikan gurame, ikan nila dan ikan patin.

Kini banyak ditemui kolam-kolam budidaya ikan tawar. Baik itu kolam buatan atau pun kolam terpal bulat ataupun kolam terpal kotak yang lebih praktis dan efisien. Ikan tawar banyak dibudidayakan bukan hanya karena tingkat permintaan pasar yang tinggi. Namun, ikan tawar juga mudah dalam hal perawatan dan pemeliharaan. Selain itu, dengan adanya inovasi kolam terpal bulat dengan sistem bioflok dinilai dapat meningkatkan populasi dengan hanya diameter 2,5.

Kendala Peternak Ikan Dari Segi Pakan

Maraknya budidaya ikan tawar dalam kolam terpal tidak berarti tidak ada hambatan dalam pelaksanaannya. Meski pada dasarnya kalau membudidayakan ikan tawar di kolam terpal bulat relative lebih mudah dalam perawatan, para peternak ikan tawar yang menggunakan kolam terpal juga kerap menghadapi masalah dalam budidaya ikan tawar baik itu ikan lele, gurame, mas, nila atau yang lain.

Baca juga | Panduan Lengkap Budidaya Lele dengan Kolam Terpal Bioflok
pakan lele
Foto : rumahmesin.com

Kendala yang paling sering dikeluhkan oleh peternak ikan tawar yang menggunakan kolam terpal adalah semakin tingginya harga pakan yang beredar di pasaran.

Pakan adalah nutrisi utama yang diperlukan untuk pertumbuhan ikan.

Jika harga pakan semakin naik, maka dilakukan pengurangan pakan yang berdampak pada turunnya kualitas ikan yang dihasilkan.

Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah inovasi untuk menghasilkan pakan alternative selain pakan yang biasa digunakan para peternak ikan di kolam terpal.

Selain dapat mengurangi porsi pakan sekian persen pakan alternative dari bahan alami terbukti dapat menaikkan kualitas ikan tawar yang yang dibudidayakan di kolam terpal.

Untuk sistem kolam terpal biofolk pakan yang digunakan adalah pakan yang berupa probiotik mikroorganisme. Pakan ini dapat menghemat biaya,waktu juga tenaga. Serta hasil ikan yang lebih banyak dan gemuk.

Mengenal Azolla Michropylla Pakan Alternative Ikan Lele

Masalah pakan adalah kendala utama yang sering dikeluhkan para peternak ikan lele. Harga pakan yang semakin tinggi serta hasil ikan lele yang tidak maksimal. Padahal budidaya ikan lele membutuhkan pakan dengan protein yang tinggi agar pertumbuhannya maksimal dan ikan lele yang dipanen berkualitas bagus.

Azolla Michropylla
Foto : kabartani.com

Untuk mengatasi hal tersebut dikenalkanlah pakan alternative yang bernama Azolla michropylla.

Azolla sendiri adalah jenis tanaman paku air yang banyak ditemui di sawah yang bentuknya berukuran kecil dan berwarna hijau.

Azolla mempunyai banyak manfaat untuk sektor pertanian dan peternakan. Untuk memenuhi konsumsi pakan ikan lele, maka kini azolla telah banyak dibudidayakan di kolam terpal.

Tanaman Azolla mempunyai beberapa Kelebihan:

  1. Hemat Tenaga

Karena azolla adalah jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan,tenaga yang diperlukan juga tidak terlalu banyak. Pemberian pakan dengan azolla dapat juga menghemat tenaga saat pemberian pakan pada ikan lele.

  1. Hemat Biaya

Terbukti Azolla adalah jenis pakan alternative yang dapat menghemat biaya pakan sebanyak 50% karena kandungan proteinnya yang tinggi.

  1. Tinggi Protein

Sebagai tanaman air Azolla mempunyai Kandungan Vit A,B12 dan karoten yang baik untuk ikan lele.

  1. Alami

Azolla adalah jenis pakan berupa tanaman paku yang banyak dijumpai disawah hingga dapat dikatakan azolla adalah pakan alami untuk ikan lele.

Baca Juga | Bisnis Ikan Menguntungkan dengan Kolam Terpal Bioflok

Cara Budidaya Azolla

Untuk membudidayakan Azolla tidak lah sulit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Habitat harus menyerupai habitat asli
  2. Kolam Terpal yang berisi tanah untuk pembiakan bibit Azolla
  3. Pemberian pupuk Kandang yang dilakukan 2 minggu sebelum bibit ditaburkan.
  4. Pada saat penebaran bibit pada kolam harus didiamkan hingga 2 minggu terlebih dahulu
  5. Probiotik perlu ditambahkan 2 hari sekali supaya Azolla dapat tumbuh maksimal.

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com