7 Fakta Mengejutkan di Balik Bisnis Ternak Ikan

7 Fakta Mengejutkan di Balik Bisnis Ternak Ikan

Keuntungan Berlimpah dari Bisnis Ternak Ikan

Bisnis ternak ikan saat ini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini dinilai memiliki banyak keuntungan dan bisa membantu mengangkat perekonomian masyarakat di Indonesia. Apalagi memang ikan menjadi salah satu bahan makanan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena kandungan gizinya yang tinggi,.

Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa dibudidayakan dan menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia adalah ikan lele. Selain itu, ada pula ikan nila yang banyak dibudidayakan dan dikenal memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Ada juga yang memilih untuk melakukan ternak ikan mas dan lain sebagainya.

7 Fakta Mengejutkan di Balik Bisnis Ternak Ikan 2

Memang benar bahwa untuk melakukan ternak ikan tidaklah mudah. Memelihara ikan dalam jumlah yang besar untuk tujuan bisnis tentu tidak mudah untuk dilakukan. Belum lagi kalau ada kondisi tertentu yang membuat ikan menjadi tidak sehat dan menyebabkan gagal panen. Tapi, di luar itu, ternyata berbisnis ternak ikan bisa mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

Fakta Mengejutkan Seputar Bisnis Ternak Ikan

Bagi anda yang ingin memulai bisnis budidaya ikan namun masih merasa ragu untuk melakukannya, kali ini kita akan membahas topik yang mungkin bisa memotivasi anda. Ada beberapa fakta mengejutkan seputar bisnis ternak ikan yang bisa menjadi pemicu bagi anda untuk segera mulai melakukan budidaya ikan.

Inilah dia fakta-fakta mengejutkan tentang bisnis ternak ikan :

  1. Bisa Dimulai dengan Modal Minim

Berbisnis menjadi salah satu peluang untuk meraup banyak keuntungan. Ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa anda lakukan. Sayangnya, untuk menjalankan sebuah bisnis seringkali kita merasa bahwa kita belum mampu. Belum mampu karena belum memiliki cukup modal untuk memulai sebuah bisnis.

Hal ini tidak akan terjadi jika anda ingin berbisnis budidaya ikan. Untuk melakukan budidaya ikan, anda hanya membutuhkan modal yang tergolong ringan. Anda hanya memutuhkan media dan bibit ikan serta nutrisi untuk ikan yang akan dibudidayakan.

Tentang media untuk hidup ikan, anda bisa menggunakan kolam terpal yang saat ini sangat populer untuk dipakai sebagai media budidaya ikan. Kemudian untuk bibit ikan, anda bisa melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terjangkau. Sementara itu untuk nutrisi atau makanan ikan juga tidak membutuhkan biaya yang terlalu tinggi.

  1. Bisa Dilakukan Sekarang Juga

Bisnis budidaya ikan bisa dilakukan sekarang juga tanpa perlu melakukan persiapan dalam waktu yang lama. Jika anda belum punya kolam untuk tempat tumbuh ikan maka anda bisa menggunakan kolam terpal. Kolam terpal bisa dibuat dalam waktu yang tidak terlalu lama, selain itu biayanya juga lebih ringan.

Bisnis ternak ikan tergolong mudah untuk dilakukan. Jika kolam sudah siap anda bisa langsung menyebar bibit ikan dan usaha anda akan segera dimulai. Anda tinggal menunggu sampai waktu panen tiba dan untuk jenis ikan tertentu waktu yang dibutuhkan sampai siap panen tergolong singkat.

  1. Penghilang Stress

Bisnis ternak ikan ternyata tidak hanya dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan semata. Tahukah anda bahwa melakukan budidaya ikan ternyata juga bisa membantu meringankan stress yang anda rasakan? Anda bisa merasa lebih tenang karena setiap hari melihat ikan-ikan tumbuh dengan sehat.

Melihat pertumbuhan ikan-ikan yang anda budidayakan menjadi kebahagiaan tersendiri. Tak heran jika banyak orang yang bekerja di kantor tapi tetap ingin melakukan budidaya ikan karena memang hal ini bisa membantu meringankan stress dan beban pikiran.

  1. Perlengkapan Mudah Didapatkan

Ketika anda akan memulai sebuah bisnis, maka anda akan membutuhkan perlengkapan untuk mewujudkan bisnis anda tersebut. Bisnis ternak ikan menjadi salah satu pilihan jenis bisnis yang membutuhkan perlengkapan yang sangat mudah untuk didapatkan.

Jika anda ingin menggunakan kolam terpal, saat ini kolam terpal sangat mudah untuk diperoleh bahkan bisa dibeli secara online. Kemudian bibit ikan juga tidak sulit untuk didapatkan bahkan ada banyak jenis pilihan ikan yang bisa anda beli. Selain itu, makanan ikan juga mudah didapatkan di toko pakan ternak. Jadi, dijamin anda tidak akan kesulitan menjalankan bisnis ini.

  1. Bisa Dilakukan Dimana Saja

Budidaya ikan bisa anda lakukan dimana saja bahkan di rumah anda sendiri meskipun anda hanya memiliki lahan yang sempit. Lalu bagaimana kalau lahannya benar-benar sangat terbatas? Tidak perlu cemas, anda tetap bisa melakukan budidaya ikan di lahan terbatas karena ada kolam terpal yang bisa anda gunakan sebagai media untuk berbisnis ternak ikan.

Kolam terpal memiliki beragam bentuk dan ukuran. Anda bisa menyesuaikan kolam terpal yang anda gunakan dengan luas lahan yang anda miliki. Jadi tidak perlu memiliki lahan luas untuk berbisnis ternak ikan karena dengan lahan yang terbatas anda juga tetap bisa melakukan bisnis ini.

  1. Resiko Kerugian Rendah

Ketika akan melakukan sebuah bisnis, maka anda perlu mempertimbangkan resiko kerugian yang mungkin terjadi. Bisnis ternak ikan memiliki resiko kerugian yang tergolong rendah. Memang di saat-saat tertentu kerugian tidak bisa dihindarkan, misalnya ikan-ikan tidak sehat dan akhirnya mati. Namun kondisi ini memiliki kemungkinan kecil terjadi.

Jika anda menggunakan media yang tepat, memastikan kebersihan air dengan baik, serta memberikan makanan dan nutrisi yang tepat maka ikan-ikan akan tumbuh dengan sehat. Bisnis ternak ikan tergolong mudah untuk dilakukan dan anda tak perlu takut akan mengalami kerugian besar.

  1. Harga Jual Tinggi

Setelah memasuki masa panen, maka anda harus bersiap untuk menerima keuntungan besar dari hasil budidaya ikan yang sudah anda lakukan dalam kurun waktu tertentu. Perlu diketahui bahwa bisnis ternak ikan ini membutuhkan modal awal yang rendah tapi bisa membuat anda balik modal dengan angka yang lumayan besar.

Harga jual ikan di pasaran tergolong tinggi. Jika dibandingkan dengan modal awal yang anda gunakan untuk membeli bibit tentu jauh lebih tinggi. Apalagi untuk jenis ikan tertentu seperti ketika anda ternak ikan nila yang harga jual di pasaran cukup tinggi. Dengan begitu maka anda bisa menikmati keuntungan besar tanpa harus mengeluarkan modal awal yang besar.

7 Fakta Mengejutkan di Balik Bisnis Ternak Ikan 3

Itulah tadi beberapa fakta mengejutkan seputar bisnis ternak ikan yang perlu anda ketahui. Bisnis ini memang terdengar sederhana namun ternyata ada keuntungan besar yang bisa anda dapatkan. Bisnis ini juga tidak sekedar bisnis namun juga bisa menjadi hobi yang membantu meringankan beban pikiran anda dan menjadi pelepas stress.

Jika anda ingin sukses berbisnis ternak ikan, maka anda harus memastikan bahwa anda sudah memilih jenis ikan yang tepat untuk dibudidayakan. Selain itu, pelajari dulu cara pemeliharaan yang tepat agar anda tidak salah memberikan perlakuan yang menyebabkan ikan-ikan menjadi tidak bisa tumbuh dengan sehat. Yang terpenting adalah anda harus memiliki niat dan kemauan sebelum menjalankan bisnis ini.

Penggunan Kolam Terpal

Ketika anda ingin melakukan budidaya ikan maka anda harus memikirkan dimana anda akan memelihara ikan-ikan tersebut. Ternak ikan bisa dilakukan di kolam dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah bibit ikan yang akan disebar. Kolam itu sendiri ada berbagai jenis, salah satunya adalah kolam terpal.

7 Sebab Utama Kegagalan Usaha Ternak Lele! 1

Sebelumnya disebutkan beberapa kali bahwa kolam terpal bisa menjadi media tumbuh ikan. Kolam terpal menjadi salah satu media yang saat ini banyak diminati oleh para pebisnis ternak ikan. Penggunaan kolam terpal semakin banyak ditemukan saat ini seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan budidaya ikan.

Sesuai dengan namanya, kolam terpal merupakan kolam yang terbuat dari terpal dan kerangka yang sudah disediakan. Anda hanya perlu merakit semua kerangka dan terpal sehingga menjadi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk memelihara ikan-ikan ternak. Tapi, sebenarnya, apa yang menyebabkan kolam terpal begitu diminati di dunia bisnis ternak ikan saat ini?

Kelebihan Pemakaian Kolam Terpal

Pemakaian kolam terpal ternyata memberikan banyak keuntungan. Inilah dia beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kolam terpal sebagai media untuk budidaya ikan :

  1. Bisa Dibuat di Lahan Sempit

Mungkin anda berpikir bahwa untuk berbisnis ternak ikan anda harus memiliki lahan yang luas. Padahal, dengan lahan yang terbatas pun anda tetap bisa melakukan budidaya ikan. Caranya adalah dengan menggunakan kolam terpal sebagai media untuk memelihara ikan-ikan.

Kolam terpal tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa membuat kolam terpal di halaman rumah anda meskipun lahannya sangat terbatas. Inilah yang membuat kolam terpal banyak diminati oleh masyarakat pedesaan yang memiliki lahan terbatas.

  1. Menampung Lebih Banyak Ikan

Kolam terpal memiliki bentuk lingkaran yang artinya tidak ada sudut mati. Hal ini membuat kolam terpal bisa menampung lebih banyak bibit ikan daripada kolam kotak. Bahkan untuk kolam terpal dengan diameter 1 meter, anda bisa menampung lebih dari 1000 ekor ikan. Dengan begitu maka anda bisa mendapat keuntungan yang jauh lebih besar ketika masa panen tiba.

  1. Meminimalkan Angka Kematian Ikan

Penggunaan kolam terpal membantu meminimalkan resiko kematian ikan. Kolam terpal tidak memiliki sudut mati sehingga ikan akan memiliki ruang yang cukup untuk bergerak. Dengan begitu maka resiko kanibalisme antar ikan akan berkurang dan akan lebih banyak ikan yang bisa dipanen ketika masa panen tiba.

  1. Kualitas Ikan Lebih Baik

Menggunakan kolam terpal sebagai media ternak ikan ternyata membuat kualitas ikan yang dihasilkan jauh lebih baik. Anda bisa memanen ikan dengan kondisi yang sehat, ukurannya besar, tidak berbau, dan ukuran ikan juga biasanya seragam.

  1. Mudah Dibersihkan

Kolam terpal memiliki lubang pembuangan yang dapat dibuka ketika anda ingin membersihkan air kolam. Lubang ini bisa kembali ditutup dengan mudah setelah pembersihan selesai. Dengan begitu maka kondisi air akan selalu terjaga kebersihannya. Ikan-ikan bisa tumbuh dengan sehat jika air selalu terjaga kebersihannya

  1. Harga Terjangkau

Kolam terpal sangat mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau. Untuk kolam terpal dengan diameter 1 meter anda bisa mendapatkannya dengan harga kurang lebih Rp 1 juta-an. Sementara untuk kolam terpal dengan diameter besar seperti 4 meter, anda bisa mendapatannya dengan harga kurang lebih Rp 2.500.000. Harga ini bisa bervariasi tergantung tempat anda membeli dan diameternya.

Itulah tadi beberapa kelebihan yang bisa anda nikmati jika anda menggunakan kolam terpal. Sudah jelas bahwa kolam terpal menjadi pilihan media terbaik untuk melakukan bisnis ternak ikan lele, ternak ikan gabus, dan jenis ikan lainnya di rumah anda.