Hanya 1 Juta! Harga Kolam Terpal Lele Siap Pasang

Hanya 1 Juta! Harga Kolam Terpal Lele Siap Pasang

Menjamurnya Budidaya Lele dengan Kolam Terpal

Budidaya Ikan Lele dengan kolam semakin marak akhir-akhir ini

Karena begitu menggiurkannya usaha budidaya ikan lele di mata masyarakat.

Ikan Lele adalah salah satu ikan yang mudah dalam pembudidayaannya. Maka tak heran banyak yang tertarik membudidaya jenis ikan berkumis ini.

Jika pada dulu kebanyakan orang melakukan budidaya Ikan Lele dengan menggunakan kolam tanah atau tambak, maka hal itu saat ini akan jarang ditemui.

Semakin berkembangnya jaman serta makin sempitnya lahan yang digunakan untuk budidaya Ikan Lele, telah ditemukan berbagai inovasi baru sebagai pengganti lahan untuk budidaya.

Hanya 1 Juta! Harga Kolam Terpal Lele Siap Pasang 2

Salah satunya adalah dengan menggunakan kolam terpal. Budidaya dengan menggunakan kolam ini sendiri lebih banyak digunakan karena banyak kelebihan yang didapat. Misalnya dengan adanya lahan sempit atau keterbatasan lahan bisa diganti dengan media yang satu ini yang dapat dipasang di halaman rumah.

Alasan lain kenapa sekarang lebih banyak menggunakannya adalah sebagai berikut;

  1. Proses pembuatan kolam terpal cenderung lebih cepat
  2. Meminimalisir resiko terserang hama karena tidak secara langsung bersentuhan dengan tanah.
  3. Menghemat air. Dibandingkan dengan kolam tanah yang lebih banyak menyerap air, kolam terpal lebih hemat hanya perlu diganti secara berkala.
  4. Budidaya Ikan Lele dengan menggunakan kolam terpal dipercaya lebih mudah.
  5. Beda dengan kolam tanah atau tambak yang besarnya bisa sekian meter, kolam terpal hanya membutuhkan diameter sekian hingga memudahkan saat penebaran benih juga saat masa panen.
  6. Ramah lingkungan karena kotoran dari Ikan lele bisa di daur ulang.

Kolam terpal sendiri punya 2 macam jenis yaitu kolam terpal bentuk bulat dan kolam terpal bentuk persegi. Masing-masing punya kelebihan sendiri karena tentunya punya fungsi yang berbeda.

  1. Kolam Bulat

Kolam bulat lebih banyak digunakan untuk ternak lele karena kolam ini punya banyak pilihan diameter yang bisa disesuaikan dengan lahan yang dimiliki.

Jika lahan sempit maka kolam bulat yang digunakan bisa dengan diameter yang kecil.

Kolam ini juga bisa menampung bibit Ikan Lele lebih banyak.

Jadi hasil panen pun akan lebih banyak dan lebih menguntungkan.

  1. Kolam Persegi

Bentuknya persegi. Meski saat ini mulai  jarang digunakan pada ternak lele bukan berarti kolam ini tidak punya kelebihan. Bentuknya yang persegi  ternyata juga bisa menampung bibit Ikan lebih banyak, jadi hasil panen pun berpotensial lebih banyak.

Namun, sekarang para peternak Lele lebih suka menggunakan kolam terpal bentuk bulat karena lebih banyak punya kelebihan dibanding dengan kolam terpal persegi.

Berikut akan diuraikan kelebihan dari kolam terpal bulat hingga jadi primadona;

  1. Bentuk Lebih kuat

Jika dibanding dengan bentuk persegi, maka kolam bulat lebih kuat dalam segi bentuk hingga para peternak lebih suka karena akan bertahan lama.

  1. Pembuangan serta Masa panen Lebih Mudah

Dengan menggunakan kolam terpal bulat akan memudahkan dalam hal pemanenan karena diameter kolam tidak akan besar. Dalam hal pembuangan juga lebih mudah.

  1. Lebih Efisien dan Modern

Inovasi kolam ini dianggap lebih modern dan sangat efisien karena membantu dan memudahkan para peternak lele. Disamping itu masa panen dengan kolam ini juga lebih pendek.

  1. Panen Lebih Banyak

Meskipun ada bentuknya yang tidak terlalu besar, tapi kolam jenis ini bisa ditebar benih dengan jumlah lumayan banyak hingga saat panen pun hasil yang didapat akan lebih banyak.

Kolam Terpal Lele dan Beragam Keunggulannya

Berbicara budidaya Ikan Lele pastinya tidak akan terpisahkan dengan kolam terpal. Sebab keduanya saat ini telah menjadi satu paket.

Ada yang mengatakan bahwa budidaya Ikan Lele dengan menggunakan media terpal akan menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

Kenapa demikian…

Dengan jumlah benih yang ditebar hampir sama dengan jumlah benih pada kolam biasa ternyata  hasil Ikan Lelenya lebih banyak serta lebih gemuk dari kolam biasa.

Kolam Terpal 2

Kolam terpal lele dewasa ini lebih banyak yang menggunakan kolam bentuk bulat karena tentu saja lebih banyak keunggulannya dibanding dengan kolam jenis lain.

Di atas telah dipaparkan berbagai kelebihan kolam jenis ini yang lebih banyak digunakan, maka ada beberapa keunggulan lainnya;

  1. Pengaturan Volume Air Lebih Mudah

Dibanding dengan kolam jenis lain, maka media kolam jenis ini untuk budidaya Ikan Lele lebih mudah dalam hal pengaturan air karena telah tersedia alat untuk mengatur volume air pada waktu tertentu.

  1. Mudah dalam Pengontrolan

Bentuknya yang tidak terlalu besar dan panjang lebih memudahkan dalam hal pengontrolan mengingat budidaya Ikan Lele pada kolam harus lebih sering melakukan pengontrolan.

  1. Lele Lebih Berkualitas

Dibandingkan dengan Ikan Lele hasil kolam biasa, ternyata Ikan Lele dari kolam ini  terkenal lebih berkualitas karena faktor air dan pakan lebih berkualitas hingga berdampak pada hasil panen.

  1. Biaya Operasional Lebih Murah

Untuk memasang media kolam pada budidaya Ikan Lele, biaya yang dikeluarkan baik untuk pemasangan atau biaya operasional lebih murah dibanding kolam biasa.

  1. Dapat Diletakkan di Semua Tempat

Jika tidak punya lahan atau lahan yang ada terlalu sempit maka media kolam dari terpal dapat menjadi solusi.

  1. Aman Dari Banjir

Letaknya yang berada di atas tanah akan membuat kolam yang terbuat dari terpal berbentuk bulat akan terhindar dari bahaya banjir, terutama jika lahan yang digunakan berada pada kawasan rawan banjir.

Berbicara lebih jauh tentang budidaya Ikan Lele beserta media yang digunakan, terdapat inovasi terbaru lagi untuk memudahkan para peternak agar mendapatkan hasil serta keuntungan berlipat-lipat.

Inovasi yang paling baru dan selalu menjadi buah bibir adalah kolam Ikan Lele dengan menggunakan sistem bioflok.

Sistem ini ramai dibicarakan karena bukan hanya hasil yang terlihat nyata berbeda.

Dalam hal pakan sistem ini ternyata lebih efisien dan mudah.

Hampir semua kalangan peternak Ikan Lele saat ini berbondong-bondong menggunakan sistem bioflok karena punya banyak kelebihan yang membawa banyak keuntungan.

Anda bisa lihat artikel sebelumnya tentang panduan lengkap budidaya lele bioflok supaya paham betul tentang sistem bioflok.

Kelebihan sistem bioflok antara lain sebagai berikut;

  1. PH Stabil

Kolam terpal dengan menggunakan sistem bioflok biasanya menggunakan alat-alat tertentu untuk mengatur PH air dalam kolam. Dan ternyata terbukti PH pada kolam bioflok lebih stabil hingga berpengaruh pada pada kualitas Ikan Lele didalamnya.

  1. Jarang Mengganti Air

Kolam terpal dengan menggunakan sistem bioflok tidak akan terlalu sering mengganti air karena limbah atau kotoran dari Ikan lele bisa dimanfaatkan kembali hingga air tidak akan keruh meski tidak sering diganti.

  1. Limbah Bisa di daur Ulang

Kelebihan sistem bioflok adalah limbah atau kotoran Ikan Lele bisa di daur ulang kembali menjadi pakan yang bisa dimakan oleh Ikan Lele itu sendiri.

  1. Ramah Lingkungan

Karena jarang mengganti air maka tentu saja pembuangan limbah juga tidak terlalu sering hingga kolam jenis ini terkenal ramah lingkungan dan lebih banyak digunakan.

  1. Pakan Lebih Hemat

Bioflok adalah sejenis sistem dimana kotoran Ikan Lele bisa diubah kembali menjadi pakan dengan sejenis organik yang berada dikolam. Bioflok sendiri menggunakan pakan khusus hingga kotoran tersebut bisa di daur ulang.

Baik itu kolam biasa, kolam terpal atau kolam bioflok pastinya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, yang penting inovasi-inovasi tersebut telah membantu para peternak memudahkan dan mendapatkan keuntungan berlipat hanya dari budidaya Ikan Lele.

kolam terpal bulat

Bagi para peternak Ikan Lele yang masih pemula, dan yang terkendala dengan modal yang tidak banyak, sebenarnya bisa juga mendapatkan keuntungan yang serupa dengan peternak yang lebih dulu bergelut dengan budidaya Ikan Lele dan punya modal puluhan hingga ratusan juta.

Kolam terpal terutama dengan sistem bioflok adalah salah satu metode budidaya Ikan Lele yang pas untuk para pemula.

Perlu diketahui  untuk membuat kolam terpal terutama yang bulat tidaklah dibutuhkan biaya yang cukup mahal. Bahkan dengan modal minim, para pemula juga bisa memulai budidaya Ikan Lele.

Bagi pemula lebih cocok menggunakan kolam dengan diameter 3 meter yang membutuhkan biaya hanya 1,7 juta saja sudah mendapatkan full set peralatan yang bisa bertahan 5-6 tahun.

Fantastis bukan…

Bahkan dengan biaya yang tidak terlalu banyak, para peternak yang masih pemula sudah bisa melakukan action.

Jadi tidak ada lagi yang bisa mengatakan bahwa budidaya Ikan Lele hanya untuk orang yang bermodal banyak saja.

Budidaya Ikan lele Bioflok 2
Credit : antarafoto.com

Ada beberapa informasi yang bisa dijadikan bahan belajar untuk para peternak pemula, yaitu;

  1. Cari Informasi Suplier Kolam Terpal Terpercaya

Hal paling penting bagi seorang pemula adalah pemilihan supplier kolam terpal

Karena tidak banyak suplier yang menjual kolam terpal dengan harga murah, apalagi terpercaya..

Maka sebagai pemula, anda wajib mencari tahu siapakah yang menjualnya dengan kualitas yang bagus, siap pasang dan harga yang dapat dijangkau.

  1. Bertukar Informasi dengan Sesama Peternak

Salah satu media pembelajaran yang bagus bagi pemula adalah dengan selalu melakukan tukar-menukar informasi dengan sesama peternak.

Hal ini dimaksudkan supaya terjadi interaksi yang dapat menghasilkan pertukaran informasi bermanfaat untuk perkembangan budidaya iken lele.

  1. Memaksimalkan Lahan yang Tersedia

Penggunaan kolam terpal merupakan solusi tepat bagi anda yang ingin beternak lele dengan ketersediaan lahan terbatas.

Oleh sebab itu penggunaannya harus dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal pula.

  1. Jangan Berhenti untuk makukan Inovasi

Tidak hanya pada media budidaya Ikan Lele

Ada juga berbagai inovasi yang bisa anda lakukan

Misalnya dalam hal pakan lele, yang juga sangat berpengaruh pada kualitas dan hasil panen Ikan.

Salah satu yang telah ditemukan adalah sistem bioflok yang telah banyak membantu para peternak Ikan Lele.

Anda bisa mencobanya.

  1. Membuat Komunitas

Tujuan dibuatnya suatu komunitas adalah agar informasi serta hal terkait dengan budidaya Ikan Lele akan lebih banyak di dapat serta menumbuhkan semangat untuk terus melakukan budidaya Ikan Lele.

Budidaya Ikan Lele tidak akan berhenti selama masih banyak yang melakukan inovasi yang bisa mempermudah budidaya itu sendiri.

Untuk mendapatkan kolam terpal berkualitas yang bisa mendatangkan keuntungan berlipat, salah satu suplier terpercaya adalah juragan terpal, yang terpercaya dan sudah mengirim puluhan kolam terpal ke seluruh Indonesia.

Dapatkan paket kolam siap budidaya hanya dengan menghubungi 0812-5931-1689.

Selamat bergabung dalam komunitas petani sukses jaman now!