kolam terpal lele bulat bioflok

Bisnis Ikan Menguntungkan Dengan Teknologi Kolam Terpal Bioflok

Maraknya Budidaya Ikan Tawar di Indonesia

Kolam terpal – Indonesia sebagai negara kepulauan yang dikelilingi lautan mempunyai potensi dibidang perikanan yang sangat luas. Hasil ikan dari laut cukup berlimpah dari tahun ke tahun. Indonesia pun masuk dalam jajaran negara yang mengekspor hasil lautnya yang sudah terkenal berkualitas.

budidaya ikan tawar 12
Foto : embellishmentsone.com

Hasil laut yang dikonsumsi maupun diekspor cukup beragam. Karena hasil laut berupa ikan dari tiap daerah juga beragam. Namun, tidak selalu hasil laut selalu berlimpah setiap waktu seperti budidaya ikan tawar di kolam terpal yang selalu siap sedia setiap saat.

Adakalanya jika masuk musim penghujan maka hasil laut akan turun karena banyak para nelayan yang tidak berani melaut.

Agar kebutuhan ikan terpenuhi tanpa harus tergantung pada hasil laut, maka ada beberapa orang yang berinisiatif membudidayakan ikan tawar.

Banyak sekali ikan tawar di Indonesia yang dapat dinikmati baik itu lele,nila atau yang lainnya. Jika dulu banyak orang yang enggan membuka budidaya ikan tawar, sekarang hal tersebut malah sebaliknya.

Tidak pastinya hasil laut yang di dapat sekarang banyak sekali budidaya ikan tawar yang dapat dijumpai. Konsumsi masyarakat Indonesia akan ikan tawar pun semakin banyak. Banyak juga rumah makan atau restoran mahal yang juga menyediakan menu berbahan ikan tawar.

Karena pesatnya permintaan sekarang budidaya ikan tawar semakin marak. Ada beberapa hal yang membuat orang bersemangat untuk memulai budidaya ikan tawar yang marak ini, alasan tersebut adalah:

1. Tingginya Permintaan pasar

Gaya hidup masyarakat tiap waktu akan berubah. Jika dahulu banyak orang yang lebih suka menyantap ikan laut, maka sekarang berbeda. Banyak masyarakat yang kini menjadi penggemar ikan tawar.

Kian hari permintaan pasar selalu meningkat seiring meningkatnya konsumsi ikan tawar. Akhirnya banyak orang yang melakukan budidaya ikan tawar untuk memenuhi permintaan pasar.

2. Dapat Dipanen berkali kali

Jika hasil laut akan menurun jika musim penghujan tiba, budidaya ikan tawar tidak mengenal musim hujan. Ikan tawar dapat dinikmati setiap waktu. Dalam setahun pun tidak hanya bisa dipanen sekali.

Bahkan ada yang bisa dipanen hingga 2 atau 3 kali. Hal yang cukup menggiurkan hingga banyak orang berbondong membudidayakan ikan tawar.

3. Budidayanya mudah

Hanya memerlukan lahan yang tidak terlalu luas jika skala budidayanya belum besar. Selain itu yang membuat orang tertarik budidaya ikan tawar perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup hanya mengontrol kebersihan kolam yang dipakai, memastikan makanan yang diberikan pada ikan terjamin maka hasil yang didapat akan berlimpah.

Jika bepergian ke berbagai daerah, maka tidak akan sulit lagi menemukan budidaya ikan tawar. Baik itu yang dikelola dikolam buatan, tambak, kolam terpal atau pun keramba.

Permintaan Ikan Tawar Tertinggi Di Pasaran

ikan nila
Foto : sipendik.com

Maraknya budidaya ikan tawar menjadikan banyaknya hasil ikan tawar yang bisa dinikmati. Sebenarnya ada banyak jenis ikan tawar yang bisa dibudidayakan. Mengingat banyak sekali jumlah ikan tawar yang tersebar diseluruh Indonesia. Namun, ada beberapa ikan tawar yang menjadi primadona hingga permintaan akan jenis ikan ini sangat tinggi dibanding ikan tawar yang lainnya.

Adapun jenis ikan yang menempati permintaan tinggi dipasaran antara lain:

1. Ikan Lele

Konsumsi ikan lele masyarakat Indonesia sangat tinggi. Baik itu masyarakat kecil,menengah atau orang kaya pasti menyukai jenis ikan ini. jika dulu hanya bisa dinikmati dirumah atau di pinggir jalan,maka sekarang ikan ini telah naik kelas.

Banyak restoran mahal yang menyediakan menu ikan lele. Ikan ini dapat dinikmati dengan cara digoreng atau pun dipanggang. Menu yang paling legendaris dengan bahan utama lele adalah pecel lele yang sekarang juga telah ada franchisenya. Kami Telah membahas budidaya lele ini dengan lengkap pada artikel sebelumnya yang berjudul  Panduan Lengkap Budidaya Lele Kolam Terpal Menggunakan Sistem Biofolk yang mungkin akan membantu anda dalam memulai usaha budidaya lele.

2. Ikan Nila

Selain ikan lele ikan nila juga jadi favorit masyarakat Indonesia kebanyakan. Dulu ikan ini hanya dapat dijumpai disungai atau rawa,tapi seiring meningkatnya permintaan pasar, budidaya ikan Nila pun semakin banyak. Karena rumah makan banyak juga yang menyediakan olahan makanan Ikan Nila.

3. Ikan Gurame

Ikan dengan tekstur daging lembut dan gurih ini menjadi makanan yang menjadi menu utama diberbagai restoran. Baik yang kelas biasa atau restoran mewah. Permintaan akan ikan ini pun sangat tinggi dari hari kehari.

4. Ikan Mas

Selain ikan-ikan tersebut di atas ada jenis ikan lain yang juga jadi favorit menu makanan ikan tawar. Sekarang ikan mas tidak hanya bisa dinikmati dan menjadi menu makanan di desa, saat ini ikan mas pun telah naik kelas hingga permintaan akan ikan jenis ini melejit.

Rasanya yang gurih dan nikmat membuat banyak orang yang menyukai ikan ini.

Tingginya permintaan pasar ini otomatis membuat budidaya ikan tawar semakin banyak. Banyaknya budidaya akhirnya turut memunculkan berbagai inovasi. Bagaimana agar budidaya ikan tawar menghasilkan ikan yang berlimpah dan berkualitas.

Salah satu inovasi yang sedang marak ini adalah budidaya dengan media kolam terpal. Jika dulu banyak orang yang membudidayakan ikan dengan kolam beton buatan atau kolam alami yang umumnya berbentuk kotak maka sekarang tidak lagi. Hasilnya pun lebih banyak dan lebih bagus.

Kolam terpal inovasi tersebut sering disebut dengan kolam terpal bioflok. Karena menggunakan sistem dan metode yang lebih bagus dan canggih maka hasil yang dapat dinikmati saat ini berlipat dari kolam biasa yang sudah banyak dijual di pasaran online.

Kolam Terpal Dengan Sistem Bioflok dan Keunggulannya

Saat ini kolam terpal sistem bioflok menjadi salah satu media yang banyak digunakan untuk budidaya ikan tawar. Kolam terpal jenis ini menjadi solusi untuk orang yang ingin budidaya ikan tawar, namun lahan yang dimiliki sangat terbatas. Kolam terpal bioflok juga terbukti sukses menghasilkan panen yang yang melimpah.

kolam terpalSistem bioflok adalah salah satu sistem yang dipakai dalam budidaya dengan kelebihan tanpa harus diganti airnya.

Biofolk sendiri terdiri dari berbagai mikroorganisme yang berupa gumpalan-gumpalan organik.

Mikroorganisme itu seperti algae, protozoa, metazoa dll.

Mikroorganisme ini berfungsi mengubah zat-zat yang tidak baik menjadi protein yang berguna bagi kesehatan ikan.

Adapun keunggulan kolam terpal bioflok dengan kolam terpal biasa adalah sebagai berikut:

1. Hemat Pakan

Salah satu keunggulan kolam terpal bioflok adalah bisa dihematnya pakan untuk ikan. Akibat mikroorganisme yang tumbuh dalam kolam tersebut yang dapat mengubah zat-zat menjadi protein bagi ikan maka pakan yang digunakan pun cenderung tidak banyak.

Cocok bagi pemula yang ingin budidaya ikan tawar dengan modal tidak terlalu banyak. Karena acap kali yang dikeluhkan adalah banyaknya pakan yang diberikan pada ikan yang memakan biaya yang cukup besar.

2. Ramah Lingkungan

Karena airnya yang tidak perlu sering diganti maka kolam terpal jenis ini sangat ramah lingkunga karena tidak menimbulkan bau dan meninggalkan limbah air yang kotor.

3. Produksi Melimpah

Adanya mikroorganisme dalam kolam terpal bioflok dan tidak perlu sering ganti air maka tingkat kematian ikan pun sangat kecil. Akibatnya produksi ikan sangat melimpah

4. Solusi Dilahan Terbatas

Kolam terpal bioflok hadir sebagai solusi bagi yang ingin budidaya ikan tawar tapi terhalang lahan. Jika budidaya ikan dengan kolam biasa membutuhkan lahan besar maka tidak dengan kolam terpal yang satu ini. bentuknya pun ada yang bulat atau pun kotak.

5. Hemat Air

Kelebihan kolam ini adalah tidak perlu adanya ganti air hingga cukup menghemat pengeluaran air. Maka modal yang digunakan dapat ditekan sedangkan hasil yang dipetik cukup berlimpah.

BACA JUGA | Kolam Terpal Dapat Menurunkan Angka Kematian Ikan

video tutorial :

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com