TERBONGKAR! Rahasia Kolam Lele Panen Melimpah

TERBONGKAR! Rahasia Kolam Lele Panen Melimpah

Budidaya Ikan Lele Paling Ideal dan Menguntungkan

Budidaya ikan lele merupakan usaha yang tidak asing dikalangan masyarakat.

Pasalnya usaha ini sudah banyak yang membudidayakannya.

Bahkan… banyak juga orang yang banting setir hanya demi menjadi seorang peternak lele.

Hal ini begitu krusial… karena budidaya lele memiliki prospek yang bagus dimasa depan.

Budidaya ikan lele pada dasarnya mudah untuk diterapkan. Sebab lele bukan jenis ikan yang membutuhkan perawatan intens.

Meskipun diletakkan ditempat yang keruh sekalipun, ikan lele pasti akan tetap hidup.

Inilah yang membuat banyak orang ingin memulai usaha ternak lele. ya.. Mudah Dibudidayakan!

Selain itu, Prospek yang menjanjikan dengan adanya permintaan pasar besar, menjadikan budidaya Ikan Lele ini menjamur dimana-mana.

Anda juga akan menemukan kolam-kolam Ikan Lele bahkan di depan rumah sekalipun.

Macam-Macam Kolam Ikan Lele yang Ideal

Hanya 1 Juta! Harga Kolam Terpal Lele Siap Pasang 2

Ikan lele banyak yang membudidayakan sejak puluhan tahun lalu.

Hal ini juga didasari karena ikan jenis ini mudah untuk dibudidayakan. Tak heran jika bermunculan berbagai macam jenis kolam lele, antara lain;

  1. Kolam Beton atau Tembok

Sebelum adanya inovasi terbaru yang banyak ditemukan, untuk budidaya Ikan Lele lebih banyak menggunakan kolam beton sebagai media. Namun, kolam lele ini punya banyak kekurangan. Selain harus mengganti air secara teratur kolam ini juga memakan lahan yang cukup banyak. Tidak cocok untuk peternak yang punya lahan minim.

  1. Kolam Tanah

Kolam tanah telah digunakan sejak lama. Seperti halnya kolam beton, kolam lele ini juga punya banyak kekurangan sehingga saat ini sudah mulai ditinggalkan. Kekurangannya adalah karena media tanah otomatis air akan terserap. Selain itu hasil panen juga tidak terlalu banyak, hingga keuntungan tidak bisa maksimal.

  1. Kolam Terpal Kotak

Begitu kolam tanah dan beton mulai ditinggalkan kolam terpal hadir sebagai solusi. Media ini kini banyak dilirik karena lebih efisien dan hemat biaya. Salah satu kolam terpal yang awal digunakan adalah kolam terpal kotak.

  1. Kolam Terpal Bulat

Ada kolam lele lain yang digunakan selain kolam terpal kotak, yaitu kolam terpal bulat. Kolam ini lebih banyak digunakan karena lebih ideal digunakan sebagai media budidaya Ikan Lele. Kelebihannya cukup banyak.

  1. Kolam Bundar Bioflok

Kolam lele ini yang paling baru dalam hal inovasi budidaya Ikan Lele. Sistem bioflok lebih banyak digunakan karena mendatangkan banyak keuntungan terutama saat masa panen. Tak heran banyak yang beralih pada kolam bundar bioflok ini.

Kolam Terpal Bulat Untuk Budidaya Ikan Lele

Sejatinya banyak media yang bisa digunakan untuk budidaya Ikan Lele.

Namun, peminat yang paling banyak saat ini adalah kolam lele dengan menggunakan media terpal.

Kolam terpal lebih efisien karena bisa jadi solusi untuk anda yang ingin melakukan budidaya Ikan lele dengan lahan sempit.

pemasaran Budidaya ikan lele
Credit : pontianak.tribunnews.com

Untuk memulai budidaya Ikan Lele dengan menggunakan kolam terpal ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain;

1. Keunggulan Kolam Terpal

Alasan kenapa kolam lele dengan media terpal lebih banyak digunakan tentu saja karena media tersebut lebih banyak keuntungannya dibanding dengan media lainnya.

Terutama kolam terpal bulat yang terkenal punya banyak kelebihan, yaitu sebagai berikut;

  • Hemat Biaya

Untuk memulai budidaya Ikan lele dengan menggunakan kolam terpal bulat tidaklah rumit karena tidak diperlukan biaya yang mahal. Hanya dengan modal 1 jutaan, budidaya mulai bisa dilakukan.

  • Hemat Tenaga

Kolam lele dengan media terpal lebih banyak peminat karena dalam hal pemeliharaan maupun masa panen tidak membutuhkan banyak tenaga. Artinya biaya operasional bisa ditekan seminim mungkin.

  • Hemat Lahan

Salah satu sebab munculnya inovasi kolam lele bentuk terpal adalah untuk mengatasi problem para peternak yang ingin melakukan budidaya Ikan Lele, tapi terkendala lahan. Kolam terpal ini nyatanya bisa ditempatkan dimanapun bahkan dilahan sempit sekalipun.

  • Hemat Waktu

Kelebihan lain menggunakan kolam lele bentuk terpal adalah masa panen yang ternyata lebih singkat dibanding dengan media kolam yang lain.

  • Menguntungkan

Karena masa panen yang singkat tersebut otomatis keuntungan yang didapat juga akan sangat banyak dan akan mendatangkan keuntungan yang berlipat bagi para peternak.

  • Hemat Air

Kolam terpal bulat telah menggunakan pengaturan air yang sedemikian rupa hingga penggantian air tidak sering dilakukan. Hal ini akan membuat penggunaan air lebih hemat.

  • Ramah Lingkungan

Penggantian air yang tidak terlalu sering akibatnya akan mengurangi limbah hingga kolam lele ini lebih ramah lingkungan.

2. Persiapan Kolam Terpal

Untuk mempersiapkan kolam terpal tidaklah sulit. Lahan yang tidak terlalu luas pun bisa menggunakan kolam ini. untuk mendapatkan kolam lele ini pun bisa didapatkan di suplier yang telah terpercaya dengan harga yang murah dan berkualitas.

3. Pemilihan Bibit Berkualitas

Tidak hanya pemilihan media kolam lele yang tepat yang harus dilakukan di awal.

Pemilihan bibit berkualitas juga sangat mempengaruhi berhasil tidaknya suatu budidaya Ikan Lele.

Kolam terpal bulat yang lebih banyak digunakan adalah kolam dengan diameter yang tidak terlalu besar. Selain karena harganya lebih terjangkau, juga memudahkan saat masa pemanenan.

Kolam Lele Bioflok Alternatif Lain Budidaya Ikan Lele

Menggunakan kolam lele terpal bentuk bulat tidak cukup untuk membuat tingkat keberhasilan budidaya Ikan Lele berjalan maksimal.

kolam terpal bulat

Untuk mendapatkan hasil yang semakin maksimal, sekarang telah muncul kolam terpal lele bioflok yang memberi angin segar bagi peternak.

Bagaimana tidak, meskipun telah menggunakan kolam terpal bulat yang telah punya banyak kelebihan, ada satu lagi masalah yang membuat para peternak risau. Yaitu masalah pakan yang terkadang sangat boros.

Untuk mengatasi hal tersebut, telah ditemukan sistem bioflok yang membuat pakan Ikan Lele lebih hemat.

Sistem bioflok sendiri mengubah senyawa organik dan anorganik menjadi bioflok dengan cara memanfaatkan bakteri hingga bisa dijadikan alternatif pakan lain.

Kolam terpal bioflok sendiri punya banyak beragam keuntungan hingga banyak dilirik para peternak antara lain;

  1. Pakan Lebih Hemat

Tujuan diadakannya sistem bioflok pada awalnya adalah untuk mengatasi problem pakan yang sering dikeluhkan peternak. Karena budidaya Ikan Lele dengan menggunakan kolam biasa lebih banyak menghabiskan pakan. Karena itu diperlukan pakan alternatif. sehingga alternatif sistem bioflok ini ditemukan, dikembangkan dan diterapkan.

  1. Hasil Panen Lebih Gemuk

Dengan adanya sistem bioflok ini maka hasil panen yang di dapatkan lebih banyak serta ikannya lebih gemuk dibanding dengan kolam biasa.

  1. Limbah Dapat Di daur Ulang

Karena menggunakan pakan bioflok dimana kotoran Ikan Lele bisa diubah kembali menjadi pakan, menyebabkan limbah tersebut dapat di daur ulang.

  1. PH Air Stabil

Keunggulan lain menggunakan sistem bioflok adalah ph air dalam kolam lebih stabil karena dilengkapi dengan alat pengatur PH selain itu air dalam kolam juga tidak perlu selalu diganti setiap hari.

  1. Ikan Tidak Terserang Penyakit

Karena adanya limbah yang dapat di daur ulang dalam sistem kolam bioflok ini otomatis ikan yang terdapat dalam kolam pun akan terminimalisir terkena penyakit.

Penggunaan sistem bioflok yang telah marak mendatangkan keuntungan sendiri bagi para peternak.

Dengan sistem yang semakin modern, hasil pun semakin menguntungkan dan menjanjikan prospek yang cerah di masa depan.

Rahasia Ikan Lele Panen Melimpah

masa panen budidaya ikan lele
Credit : ptnasa.net

Agar panen Ikan Lele melimpah diperlukan banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari persiapan kolam lele yang harus maksimal, pencarian informasi yang dapat menunjang keberhasilan juga faktor lain yang juga bisa berpengaruh.

Mengingat tujuan dari peternak lele adalah melimpahnya Ikan Lele pada saat masa panen. Dengan demikian hasilnya pun akan menguntungkan.

Baca Juga : Untung 5x Lipat Ternak Ikan Lele dengan Kolam Terpal

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi hasil panen Ikan Lele adalah sebagai berikut;

  1. Pemilihan Kolam

Untuk menunjang keberhasilan panen Ikan Lele adalah pemilihan kolam lele yang sesuai.

Bisa dilihat bahwa kolam lele yang tersedia cukup beragam. Ada kolam lele tradisional ada pula yang telah modern.

Yang harus jadi pertimbangan adalah bahwa kolam lele tersebut haruslah dapat menampung banyak bibit lele serta punya banyak keuntungan lain yang membantu faktor keberhasilan budidaya lele. dan yang paling cocok adalah menggunakan kolam terpal bulat

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit juga berpengaruh pada melimpahnya hasil panen. Bibit Ikan Lele yang bagus adalah Ikan punya pergerakan yang lincah serta tidak punya cacat.

  1. Pengairan

Dalam kolam terpal pengairan telah diatur sedemikian rupa hingga tidak butuh penggantian air setiap hari. Pengairan ini juga berpengaruh pada ikan, karena jika kondisi air stabil maka Ikan pun akan tumbuh sehat dan gemuk

  1. Tebar Benih

Faktor lain yang menentukan adalah masalh tebar benih. Untuk melakukan tebar benih pada kolam lele  tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada waktu tertentu yang pas untuk menebar benih.

  1. Pakan

Pemilihan pakan ternyata punya pengaruh yang signifikan pada hasil panen. Pakan yang direkomendasikan selain pakan alami atau buatan adalah pakan dari bioflok yang terbukti dapat membuat panen lebih melimpah.

Kolam lele yang ideal memang sangat diperlukan untuk menunjang hasil panen. Dan kolam lele yang paling ideal untuk digunakan adalah kolam terpal bulat yang kini mulai banyak digunakan.

jual kolam lele siap pakai

Kolam terpal bulat atau kolam bundar bioflok paling banyak digunakan karena kelebihan yang dimiliki. Kelebihannya antara lain;

  1. Lebih Murah

Dibandingkan dengan kolam model lainnya kolam lele bentuk terpal bulat ternyata lebih murah dalam segi pembiayaan. Tentu saja disambut baik oleh para peternak, karena dengan biaya yang murah akan didapatkan hasil yang berlimpah.

  1. Lebih Mudah

Kolam terpal bulat bisa ditempatkan di manapun bahkan dilahan yang sempit. Selain itu juga bisa dipindah kemana pun sesuka yang melakukan budidaya Ikan Lele. Karena kolam lele jenis ini bisa dibongkar pasang. Kolam ini pun lebih tahan lama dibanding kolam lainnya.

  1. Lebih Efisien

Kolam ini terbukti efisien karena tidak membutuhkan banyak tenaga, waktu untuk melakukan perawatan budidaya Ikan Lele. Artinya para peternak punya banyak waktu dan tenaga untuk memperluas budidaya.

Bagi para pemula dalam budidaya Ikan Lele untuk mendapatkan kolam lele bentuk terpal bulat sekarang bukanlah suatu hal yang sulit karena banyak dijumpai penjual kolam terpal bulat yang telah jadi primadona.

Untuk mendapatkannya bisa mengunjungi web penyedia kolam terpal atau langsung menghubungi kontak penyedia kolam terpal tersebut di 0812-5931-1689 (JuraganTerpal.Com).

Ada banyak jenis kolam terpal unggulan yang ditawarkan dengan bahan dan kualitas nomor satu dan telah berpengalaman menangani berbagai proyek budidaya ikan tawar seluruh Indonesia.