CARA BUDIDAYA IKAN TAWAR DIKOLAM TERPAL LENGKAP

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Kolam Terpal – Budidaya ikan dengan kolam terpal dapat digunakan untuk berbagai ikan air tawar seperti lele, mujair, gurame, dan ikan nila.

budidaya ikan tawar
Foto : ilmubudidaya.com

Beternak ikan dapat memberikan keuntungan yang besar apabila pengusaha budidaya ikan dapat mencari peluang lanjutan dari hasil budidaya ikan. Ada beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan seperti membuka warung makan ikan dan juga mendistribusikan ikan hasil panenan ke warung-warung makan.

Namun demikian, ada persiapan yang panjang untuk mengelola sendiri hasil panenan ikan. Sebelum memiliki rencana jangka panjang, hendaknya pengusaha budidaya ikan mengetahui semua seluk beluk dalam bidang peternakan ikan termasuk sistem bioflok yang sudah terbukti dapat meningkatkan hasil panen.

Pengetahuan yang meliputi pembuatan kolam terpal, kolam bata, perawatan ikan, langkah preventif kegagalan panen, dan solusi untuk meningkatkan panenan adalah beberapa hal yang harus dikuasai pengusaha budidaya ikan. Untuk ikan nila, ada beberapa cara yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips untuk budidaya ikan nila.

Cara Ternak ikan nila di Kolam Terpal

Beternak ikan nila di kolam terpal tidak sulit dilakukan apabila pengusaha budidaya ikan memiliki cukup pengalaman dalam bidang peternakan ikan. Namun demikian, untuk pemula, usaha budidaya ikan nila akan sama tingkat kesulitannya dengan beternak ikan dengan jenis yang lain.

kolam Terpal 9
Kolam Terpal Bulat

Ikan nila adalah ikan yang baik untuk diternakkan karena memiliki penggemar yang besar di seluruh Indonesia. Ikan nila sangat cocok untuk berbagai olahan kuliner. Ikan nila adalah bahan utama untuk menu lalapan tradisional dengan berbagai macam sambal.

Untuk itu, beternak ikan nila memiliki prospek yang baik karena memiliki pasar yang baik juga. Bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan hasil panen untuk warung yang dikelola sendiri, ikan nila akan memberikan keuntungan yang berlipat.

Ikan nila dengan kolam terpal akan memberikan keuntungan tersendiri karena peternak ikan tidak perlu merusak fungsi tanah asli. Lain halnya apabila pengusaha budidaya ikan nila ingin membuat kolam dengan batu bata. Kolam terpal tidak memerlukan lubang karena dapat langsung disangga dengan pipa atau bambu.

Usaha budidaya ikan pemula dapat menggunakan teknik ini. Langkah penggalian dapat pula dilakukan apabila peternak ingin menghemat biaya. Bekas galian kemudian dapat dimanfaatkan sebagai tanggul penahan kolam.

Akan tetapi, cara ini dirasa kurang efisien dan tidak rapi serta memiliki kekuatan yang rendah dibandingkan dengan pembuatan pagar dengan bambu atau pipa dengan ketinggian sekitar 50 cm.

BACA JUGA | Panduan Lengkap Budidaya Lele

Cara Memelihara Ikan Nila Supaya Cepat Besar

ikan nila
Foto : bibitikan.net

Untuk ukuran kolam terpal yang kecil, dengan diameter sekitar 2 m, bibit ikan nila yang bisa dimasukkan adalah beberapa ratus ekor. Bibit ikan nila umumnya memiliki panjang sekitar 12 cm dengan berat 30 gram.

Setelah proses budidaya selama 6 bulan, berat ikan nila akan mencapai 500 gram. Ikan nila dapat dipanen dalam waktu 6 bulan tersebut. Selama proses budidaya, ikan nila harus mendapatkan pakan yang cukup dan sirkulasi air yang baik.

Memelihara ikan nila cukup mudah dilakukan dan hampir tidak memberikan rintangan apabila dikerjakan dengan baik. Selain itu, kolam ikan nila terpal harus dibuat di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan Nila

Cara membuat kolam terpal untuk ikan nila tidak terlalu sulit dan hanya membutuhkan terpal dengan kualitas yang baik.

Untuk itu, perlu untuk mempersiapkan terpal dengan kualitas yang kuat dengan memesan melalui juraganterpal.com. Pengusaha budidaya ikan nila juga dapat menjadi distributor untuk penyedia kolam tersebut tersebut.

BACA JUGA : Cara Mudah Membuat Kolam Terpal lele untuk Pemula

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.