panen-dan-pascapanen-ikan-gurame

Kolam Terpal | Cara Budidaya Gurame Organik di Kolam Terpal

Ingin Tau Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal Secara Organik?

Kolam Terpal – Beternak gurame di kolam terpal tidak hanya memberikan keuntungan finansial tapi juga kepuasan batin. Siapa yang sanggup menolak ikan gurame? Gurame adalah favorit masyarakat Indonesia dan bahkan telah diolah menjadi makanan dengan level hotel bintang lima.

TERNAK-GURAME

Gurame bahkan pernah tampil sebagai bahan kuliner  yang diperlombakan di acara reality show setaraf Master Chef. Ikan gurame memang sangat lezat dan dapat diolah menjadi berbagai makanan dengan cita rasa yang berbeda.

Ikan gurame lezat dimasak berkuah dan digoreng biasa. Untuk olahan lalapan dan sambal, ikan gurame adalah juaranya. Di warung-warung makan pinggir pantai atau di puncak, ikan gurame adalah menu andalan. Disamping itu, ikan gurame juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung banyak vitamin.

Untuk restoran mewah dan restoran lesehan kelas atas pun, gurame adalah menu wajib yang harganya bisa dikatakan tertinggi dibanding ikan air tawar lainnya.

Oleh karena itu, beternak ikan gurame tentulah akan memberikan keuntungan yang besar karena pasar gurame yang menjanjikan. Selain itu, gurame mudah dibudidayakan sehingga kita akan mendapatkan kesenangan dalam prosesnya. Untuk wirausaha muda yang gemar menghabiskan waktu untuk berusaha, ternak gurame akan menjadi bisnis yang baik untuk mengisi waktu luang.

Selain itu, hasil gurame dapat pula dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri. Misalnya, jika panen gurame tiba, hasil panen dapat dimanfaatkan untuk makan bersama atau sebagai lauk untuk kenduri. Namun demikian, membudidayakan ikan gurame di kolam terpal memerlukan persiapan dan ketelitian untuk menghindari kegagalan.

Beternak gurame di kolam terpal sangat disarankan karena kolam terpal terhindar dari kotoran dan tanah sehingga gurame akan terasa lebih lezat dan tidak bau tanah. Berikut adalah informasi mengenai jenis-jenis pakan gurame agar ikan gurame bisa lebih cepat besar.

Makanan Alami Ikan Gurame Supaya Cepat Besar

Salah-satu cara budidaya ikan gurame agar cepat besar adalah memberikan ikan gurame makanan yang berasal dari tumbuhan karena Ikan gurame merupakan jenis ikan yang memerlukan pakan dari tumbuhan. Untuk itu, pakan ikan gurame yang tepat adalah sejenis daun-daunan atau sayur-sayuran.

pakan-alami-ikan-gurame

Akan tetapi, sangat penting untuk memberikan makanan yang sesuai dengan ukuran dan umur ikan gurame. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat ikan gurame tumbuh lebih stabil. Berikut adalah rincian pakan ikan gurame kolam terpal yang tepat agar ikan cepat tumbuh besar:

1 . Untuk ikan gurame berumur 10 hari: Kuning telur, dedak halus, dan daun kangkung

2. Untuk ikan gurame berumur 10 hari sampai 1.5 bulan: ulat telur semut dan daun-daunan

3. Untuk ikan gurame berumur 1.5 bulan sampai dengan 3.5 bulan: daun ubi jalar, pelet, dan daun-daunan

4. Untuk 3.5 sampai usia 8 bulan: pelet ditambahkan dengan tumbuhan air

5. Untuk gurame usia 8- 12 bulan dan sampai dengan usia lebih dari satu tahun: pelet, jagung rebus, dan daun-daunan

Pakan gurame tersebut harus diatur berdasarkan nutrisi dan tekstur yang sesuai dengan usia ikan gurame agar pertumbuhannya maksimal.

BACA JUGA | Azolla Micropilla - Pakan Alternatif Budidaya Ikan Tawar

Cara Membuat Pakan Pelet Ikan Gurame Organik

pelet-pakan-ikan

Selain pakan ikan gurame kolam terpal yang tersedia di pasaran, kita juga dapat membuat sendiri pakan pelet gurame organik dengan bahan-bahan alami. Adapun bahan-bahan yang digunakan harus yang mengandung banyak protein. Kita dapat memanfaatkan bahan-bahan sebagai berikut:

1. Tepung ikan

2. Dedak beras halus

3. Tepung tapioka

4. Tepung kedelai

5. Bungkil kelapa

Bahan-bahan tersebut mengandung protein dan lemak yang dapat diolah untuk memberikan nutrisi ikan gurame  kolam terpal sehingga dapat tumbuh dengan lebih cepat.

Pakan Ikan Gurami Fermentasi Lengkap

Pakan ikan gurame kolam terpal alternatif bisa juga dibuat dengan menambahkan ragi tempe. Proses fermentasi akan membuat pakan semakin sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan bahan-bahan dengan ragi dan membiarkan selama kurang lebih 12 jam sebelum mencetaknya.

BACA JUGA |Panduan Lengkap Budidaya Lele

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal  untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi dengan berbagai Macam Bentuk dan Ukuran.

Hubungi kami di :

Telefon            : +6281259311689

Whatsapp       : 081259311689

Email               : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web    : juraganterpal.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.